Kisah Nabi Idris. As

Kisah Nabi Idris. As  - Idris atau Nabi Idris a.s. (Arab: إدريس ) adalah salah seorang rasul yang merupakan putra Adam yang pertama kali diberikan hak kenabian oleh Allah setelah Adam sendiri dan Shiyth a.s. (Set menurut Yahudi dan Nasrani). Dalam Alkitab, Idris dikenal dengan nama Henokh.


Nabi Idris adalah keturunan keenam Nabi Adam, putra Yarid bin Mihla'iel bin Qinan bin Anusy bin Shiyth bin Adam a. yang menjadi keturunan pertama yang dikirim ke nabi setelah Adam dan Shiyth. Menurut kitab tafsir, dia hidup 1.000 tahun setelah Adam meninggal.

Nabi Idris terampil dalam berbagai disiplin ilmu, keterampilan, dan kemampuan untuk menciptakan alat untuk memfasilitasi pekerjaan manusia, seperti pengenalan tulisan, matematika, astronomi, dan sebagainya.

Menurut sebuah cerita, ada saat dimana kebanyakan manusia akan melupakan Tuhan sehingga Tuhan menghukum manusia dengan kekeringan berkepanjangan. Nabi Idris juga turun tangan dan memohon kepada Allah untuk mengakhiri hukumannya. Tuhan mengabulkan permintaan dan mengakhiri musim kemarau yang ditandai dengan hujan.

Nabi Idris diperkirakan tinggal di Mesir dimana dia berkhotbah untuk menegakkan agama Allah, mengajarkan tauhid, dan menyembah menyembah Allah dan memberikan beberapa petunjuk hidup bagi pengikutnya untuk diselamatkan dari hukuman dunia dan akhirat.



Menurut buku yang berjudul The Prophet of God Henokh: Nabiyullah Idris, Idris adalah nama atau nama Arab untuk Henokh, nenek moyang Nuh. Dia dinyatakan di dalam Al Qur'an sebagai manusia pilihan Tuhan sehingga Dia mengangkatnya ke langit. Ibnu Abi Hatim di tafsirnya meriwayatkan bahwa Nabi Idris meninggal saat berada di surga keempat ditemani oleh seorang malaikat. Ia hidup sampai usia 82 tahun

1. Nabi Idris Kedatangan Tamu

Nama Nabi Idris. yang sebenarnya 'Akhnukh'. Karena dia disebut Idris, karena dia banyak membaca, belajar (tadarrus) kitabullah swt.

Setiap hari Nabi Idris menaburkan qamis (kaos), setiap kali dia memasukkan jarum untuk menjahit pakaiannya, dia mengucapkan manik-manik. Jika pekerjaan selesai, maka pakaian akan diserahkan kepada orang yang memesannya tanpa meminta upah. Meski demikian, Nabi Idris masih bisa beribadah dengan praktik yang sulit untuk dideskripsikan. Jadi Malaikat Maut sangat ingin bertemu dengannya.

Kemudian Malaikat Maut memohon kepada Allah SWT, agar diizinkan pergi menemui Nabi Idris. Setelah menyapa, sang malaikat duduk.

Nabi Idris as. Memiliki kebiasaan berpuasa sepanjang masa. Ketika waktu telah tiba, malaikat surga datang dengan makanan Nabi Idris, dan dia menikmati makanannya.

Kemudian raja menyembah sepanjang malam. Suatu malam Malaikat Maut datang menemuinya, membawa makanan dari Surga. Nabi Idris menikmati makanannya. Kemudian Nabi Idris mengatakan kepada Malaikat Maut: "Wahai tuan, marilah kita menikmati makanan ini bersama-sama." Tapi Malaikat menolaknya.

Nabi Idris melanjutkan penyembahannya, sementara Malaikat Maut dengan setia menunggu sampai terbitnya matahari. Nabi Idris tercengang melihat sikap malaikat itu.

Kemudian dia berkata: "Wahai tuan, apakah Anda bersedia menghabiskan waktu dengan saya untuk melihat keindahan alam dari lingkungan? Malaikat Maut menjawab: Baiklah Nabi Allah Idris."

Jadi jalanlah pandang kedua sifat lingkungan dengan berbagai jenis tanaman yang tinggal di sana. Akhirnya ketika mereka tiba di sebuah taman, Malaikat Maut mengatakan kepada Nabi Idris sebagai: "O Idris, apakah kamu mengizinkan saya mengambil ini untuk saya makan?" Nabi Idris menjawab: Subhanallah, mengapa kamu tidak tadi malam halal halal makanan halal, sekarang tuanmu adalah ibu haram? "

2. Malaikat Izrail mencabut nama Nabi Idris atas permintaannya.
Kemudian Malaikat Maut dan Nabi Idris melanjutkan perjalanan mereka. Tidak terasa oleh mereka bahwa mereka telah menyebar selama empat hari. Selama mereka berteman, Nabi Idris memegang beberapa kekhasan di dalamnya. Semua tindakannya berbeda dari sifat manusia biasa. Pada akhirnya, Nabi Idris tidak bisa tidak menginginkan keingintahuannya.

Lalu dia bertanya, "Wahai tuan, mungkin saya tahu, siapakah tuan sejati, saya Malaikat Maut."

"Siapa yang ingin mencabut seluruh nyawa ciptaannya?" "Itu benar Idris."

"Jika Anda bersama saya selama empat hari, apakah Anda juga akan membunuh makhluk hidup?"

"Wahai idola, selama empat hari ini adalah hidup yang telah saya cabut, roh makhluk-makhluk ini lembut untuk saya, saya mengambil orang-orang yang menyuap makanan."

"Wahai malaikat, apakah tujuan Anda datang, entah untuk ziarah atau untuk menjalani hidup saya?"

"Saya datang mengunjungi anda dan Allah SWT sudah menginginkan niat saya."

"Wahai malaikat maut, berikan saya permintaan saya, agar Anda mengambil hidup saya, maka Anda meminta Tuhan agar Tuhan menghidupkan saya kembali, sehingga saya bisa menyembah Allah Setelah saya merasakan kematian sakaratul yang luar biasa."

Malaikat Maut juga menjawab: "Saya memang telah mengambil nyawa seorang manusia, hanya dengan permisif Allah."

Kemudian Allah (SWT) mengungkapkan kepada Malaikat Maut, bahwa ia dapat mencabut Idris sebagai. Jadi segera dicabut nyawa Idris. Jadi Nabi Idris juga merasakan kematian pada saat itu.

Ketika Malaikat Maut melihat kematian Nabi Idris, dia menangis. Hadhrat dan sedih dia memohon kepada Allah agar Tuhan mengembalikan temannya lagi. Allah mengabulkan permintaannya, dan Nabi Idris dihidupkan kembali oleh Allah SWT kembali.

3. Malaikat Izrail membawa Nabi Idris ke Surga dan Neraka
Kemudian Malaikat Maut memeluk Nabi Idris, dan dia bertanya: "Wahai saudaraku, apa tuan maut?" Jika binatang itu dikuliti saat dia masih hidup, maka rasa sakit kematiannya seribu kali lebih menyakitkan daripada itu. , ketika saya mengambil nyawa tuan, saya tidak pernah melakukannya kepada siapapun sebelum sang tuan, Malaikat Maut, saya memiliki permintaan lain untuk tuan, saya sangat ingin melihat Neraka, jadi saya dapat menyembah Allah SWT lebih setelah saya menyaksikan Keganasan Api Neraka.O Idris karena saya tidak bisa pergi ke neraka jika tanpa seizin Allah SWT. "

Semoga Allah SWT mengungkapkan kepada Malaikat Maut bahwa dia membawa Nabi Idris ke Neraka. Jadi mereka pergi ke Neraka. Di Neraka, Nabi Idris. dapat melihat semua yang Allah ciptakan untuk menyiksa musuh-musuhnya. Seperti rantai panas, ular berbisa, waktu, api yang berapi-api, petunjuk mendidih, lonjakan, udara panas mendidih dan sebagainya.

Setelah merasa puas melihat keadaan Neraka, maka mereka pun pulang. Lalu Nabi Idris. kata untuk Malaikat Maut: "Malaikat Maut, aku punya niat lain, yaitu tuanku dapat membantu masuk surga, aku dapat melihat apa yang telah Allah berikan untuk kekasih-Nya, maka aku dapat meningkatkan penyembahanku kepada Allah SWT, Saya tidak bisa masuk ke surga, tanpa perintah Allah SWT. "Jawab Malaikat Maut.

Kemudian Allah SWT memerintahkan Malaikat Maut untuk membawa Nabi Idris ke Surga.

Lalu pergilah mereka berdua, bawa mereka ke pintu surga dan mereka berhenti di pintu. Dari situlah Nabi Idris bisa melihat bentang alam di Surga. Nabi Idris bisa melihat segala macam kesenangan yang diberikan oleh Allah SWT untuk wali-Nya. Dalam bentuk buah-buahan, staples indah dan sungai mengalir dan lain-lain.

Kemudian Nabi Idris berkata: "Hai saudara tiriku yang terkasih, aku telah merasakan kepahitan kematian dan aku telah melihat dahsyatnya neraka neraka, dan apakah kamu bersedia untuk meminta Tuhan untukku, agar Tuhan membiarkanku masuk surga untuk minum airnya, untuk meringankan rasa sakit dan kematian neraka neraka? "

Jadi Malaikat Maut juga memohon kepada Allah. Kemudian Tuhan memberi izin untuk masuk surga dan kemudian harus keluar lagi. Nabi Idris pergi ke surga, sayang di kasirnya di bawah salah satu pohon surgawi, lalu dia kembali dari surga. Setelah dia berada di luar, Nabi Idris mengatakan kepada Malaikat Maut: "Wahai malaikat kematian, saya telah meninggalkan sepatuku di surga.

Malaikat Maut juga mengatakan: Masuk ke Surga, dan ambil sandal Anda. "

Kemudian datanglah Nabi Idris, tapi dia tidak keluar lagi, jadi Malaikat Maut memanggilnya: "Ya Idris, keluarlah! Tidak, hai Malaikat Maut, karena Allah SWT telah berfirman:

"Setiap jiwa akan merasakan kematian."

Artikel Terkait